بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Minggu, 24 Februari 2013

PERILAKU KONSUMEN, CONSUMER BEHAVIOUR IKK 231, 2013

AHMAD SOPIAN

Undergraduate Student Majoring in Agribusiness Department of Agribusiness
Faculty of Economics and Management
Bogor Agricultural University

Notes on Consumer Behaviour Class IKK 231

Perilaku konsumen merupakan tindakan seseorang dalam memilih barang dengan harga yang relatif murah namun dengan kualitas terbaik. Perilaku konsumen juga dapat dikatakan sebagai hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Perilaku konsumen berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan.
Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diterapkan dalam beberapa hal, seperti merancang sebuah strategi pemasaran yang baik, membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik, dan membantu penyebaran ide diantara konsumen.

QUESTION - CONSUMER BEHAVIOR CLASS IKK 231 2013

Pertanyaan BAB IX (Pengaruh Agama Terhadap Perilaku Konsumen)
Sejauh manakah peran kelembagaan keagamaan di Negara berkembang, khususnya negara muslim seperti Indonesia, dalam pemberantasan pelaku usaha yang merugikan masyarakat muslim ? Sebagai contoh masih banyak pelaku usaha yang masih menjual minuman keras secara bebas.

Pertanyaan BAB X (Budaya)
Indonesia dikenal sebagai negara konsumen. Betulkah demikian ? Lalu bagaimana cara agar Indonesia bisa mengubah budaya konsumtif menjadi budaya yang produktif ? Sebagai contoh Indonesia banyak mengimpor barang dari negara lain, misalnya sepeda motor.

Pertanyaan BAB XI (KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, SOSIAL, DAN EKONOMI KONSUMEN)
Terkadang produsen dapat salah sasaran mengenai target pasar yang dituju. Hal ini ditunjukkan dengan minimnya angka penjualan. Bagaimanakah cara agar produsen atau pelaku bisnis tersebut  dapat meningkatkan penjualannya ? Misalnya dengan mengubah target pasarnya atau menarik produk tersebut dan me-rilis produk baru dengan target pasar yang sama ?

Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan 
Picture1Picture2
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Lecturers of Consumer Behavior Class Semester  Feb – May  2013
ž Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC (www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir Lilik Noor Yuliati
Ir. Retnaningsih, MS
Megawati Simanjuntak, SP, MS
                  Department of Family and Consumer Sciences
                              College of Human Ecology
                            Bogor Agricultural University

Tidak ada komentar:

Posting Komentar