بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Rabu, 06 Juni 2012

Manusia Tidak Bisa Hidup Sendiri


Manusia tidak bisa hidup sendiri. Mungkin terdengar klasik, tetapi begitulah kenyataannya. Disetiap waktu dan disetiap kesempatan, manusia pasti membutuhkan yang namanya ‘teman’. Teman untuk berbagi kesedihan maupun kesenangan. Teman yang bisa mengingatkan kita dikala kita menempuh jalan yang salah, yang bisa memberikan kita jalan keluar dikala kita tersesat disuatu tempat yang asing. Ya itulah teman…

            Hal ini sempat terlintas dibenak pikiran saya. Ketika saya sedang sendiri dan tidak ada yang bisa dikerjakan, muncullah hasrat untuk berhubungan dengan orang lain. Baik dalam bentuk berdialog (dibaca ngobrol), sms, atau sekedar twitteran. Saat itu saya sadar, betapa benar ‘manusia tidak bisa hidup sendiri’. Saya termasuk orang yang tidak bisa hanya berdiam diri saja, harus ada sesuatu hal yang dapat dikerjakan. Apapun itu, selama membuat saya nyaman.

            Saya yakin kita pernah merasakan hal ini. Ketika kita tidak memegang HP atau saat kita tidak bisa mengakses internet dan juga tidak bisa hanya sekedar menonton televisi. Hal yang ingin kita lakukan saat itu adalah berhubungan dengan orang lain. Begitu bergantungnya kita pada hubungan yang terjalin dengan orang lain. Betapa menyenangkannya hati ini jika memiliki banyak teman. Salah satu kunci untuk itu yaitu dengan ‘BERBAGI’. Ya berbagi. Tiada kata yang lebih indah selain kata ‘berbagi’. Ketika kita senang, bagikanlah kepada yang lainnya. Ketika kita sedih bagikanlah kepada yang lainnya, sehingga mereka aka mengetahui apa yang kita rasakan. Kita senang, mereka senang. Kita sedih, mereka akan menghibur kita.

Begitu indahnya kata ‘berhubungan’.

Perlu kita tahu bahwa hubungan itu tidak selalu kepada sesama manusia. Hubungan yang erat antara kita dan Sang Khalik juga sangat perlu diperhatikan. Bukan saja hubungan horizontal, tetapi juga hubungan vertikal. Bukan hanya Habluminannas, tetapi juga Habluminallah. Sering kita merasakan sepi, kita sendiri, tidak ada yang memperhatikan. Padahal Allah selalu bersama kita. Kita bisa mencurahkan semuanya kepada Allah. Niscaya kita akan merasakan ketenangan batin yang luar biasa.

Cobalah kawan ! lebih dekatkan dirimu dengan Sang Khalik. Saya pribadi masih jauh dari itu, tetapi saya akan selalu berusaha. Allah lah Tuhan semesta alam. Tiada Tuhan selain Allah. Kita juga bisa mencontoh dari Rasul kita, Nabi Muhammad saw. Semoga kita termasuk kedalam orang yang beriman dan mendapatkan ridho-Nya…amin.

Cobalah kawan J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar